SINTESIS SENYAWA ORGANIK ZAT PEMEKA CAHAYA (DYES): TETRAFENILPORFIRIN (TPP) DENGAN METODE MICROWAVE ASSISTED ORGANIC SYNTHESIS TERMODIFIKASI (S-MAOS)

Autor(s): Fareka Kholidanata, Adya Rizky Pradipta, Eva Yuliana, Hanafi Hanafi
DOI: 10.55075/wa.v46i1.85

Sari

Senyawa porfirin dapat diaplikasikan berbagai bidang salah satunya pada kimia fisika sebagai fotosensitizer atau zat pemeka cahaya (dyes) pada sistem konversi fotoenergi seperti Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). Senyawa meso-tetrafenilporfirin (TPP) adalah salah satu senyawa organik turunan porfirin yang dapat digunakan sebagai dyes dalam DSSC. Senyawa  TPP dapat disintesis secara konvensional. Akan tetapi, sintesis konvensional ini masih memiliki kekurangan yaitu rendemen yang rendah, waktu reaksi yang lama, susunan alat yang rumit, biaya produksi tinggi, polusi lingkungan, dan penggunaan pelarut atau eluen yang berbahaya. Sedangkan sintesis senyawa TPP secara non-konvensional dengan metode Microwave Assisted Organic Synthesis (MAOS) dapat dilakukan dengan cepat, menghasilkan rendemen yang lebih tinggi, selektivitas tinggi, produk samping sedikit, kemudahan dalam pemisahan, efisien, ekonomis, dan menggunakan pelarut atau eluen yang lebih aman.

Sintesis senyawa TPP dengan metode MAOS ini masih dapat dioptimasi untuk meningkatkan kembali rendemen. Hasil sintesis senyawa TPP menggunakan metode MAOS yang sudah dimodifikasi ini (MAOS termodifikasi (S-MAOS)) dikarakterisasi dengan Thin Layer Chromatography (TLC), Ultraviolet–Visible Spectroscopy (UV-VIS), fluorescence spectroscopy, dan Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FT-IR). Hasil penelitian menunjukan bahwa sintesis senyawa TPP dengan metode S-MAOS lebih optimal daripada MAOS. Rendemen senayawa TPP dengan metode MAOS dan S-MAOS masing-masing adalah 9,77% dan 16,42%.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.