PENIPISAN KETEBALAN KEMASAN PRIMER TERHADAP PENAMPAKAN KEMASAN DAN MUTU SENSORIS MINUMAN SERBUK SELAMA PENYIMPANAN

Autor(s): Nurhasanah Nurhasanah
DOI: 10.55075/wa.v43i2.128

Sari

Pengemasan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan dan melindungi bahan pangan yang ada didalamnya.Pengurangan biaya produksipada minuman serbukdilakukan dengan cara mengurangi  ketebalan kemasan namun tidak mengurangi fungsi kemasan..Hasil percobaan menunjukkan performa kemasan primer berbahan polietilen treptalat pada ketebalan yang berbeda yaitu kemasan A (12 µm) dan kemasan B(9 µm) terhadap penampakan kemasan, didapat hasil tidak berbeda nyata pada α = 0.05. Pengujian mutu sensoris minuman serbuk selama penyimpanan pada kemasan B lebih cepat mengalami penurunan mutu sensoris dibandingkan kemasan A, namun hasil pengujian pada kedua kemasan di tiap parameter masih berada dalam batas penerimaan.

 

Kata kunci : Ketebalan kemasan; mutu sensoris; penyimpanan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Kusuma, T.S., Kurniawati, A.D., Rahmi, Y., Rusdan, I. H., Widyanto, R. M. (2017). Pengawasan Mutu Makanan. Universitas Brawijaya Press, Malang.

Mareta, D.T., Nur, A.S. (2011). Pengemasan Produk Sayuran Dengan Bahan Kemas Plastik Pada Penyimpanan Suhu Ruang Dan Suhu Dingin. Mediagro 7(1):26-40.

Syarief, R., Santausa, S., Isyana, B.St. (1989). Teknologi Pengemasan Pangan. Laboratorium Rekayasa Proses Pangan Pusat Antar Universitas Pangan dan gizi. IPB, Bogor.

Winarno, F.G. (2002). Kimia Pangan Dan Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Winarno, F.G. (2004). Keamanan Pangan. Jilid 1. M-Brio Press, Bogor.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.