PURWARUPA PEMANTAUAN KUALITAS PENGOLAHAN AIR LIMBAH MENGGUNAKAN SISTEM TELEMETRI BERBASIS MIKROKONTROLER PENERAPAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Autor(s): Reza Mulyawan
DOI: 10.55075/wa.v44i1.120

Sari

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Pencemaran air khususnya air sungai perlu dikendalikan seiring makin cepatnya pembangunan. Salah satu teknologi untuk melakukan pemantauan besaran fisik dalam wilayah yang tersebar adalah Wireless Sensor Network (WSN), yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan data hasil pembacaan sensor serta meneruskan data yang diterima dari node lain. Pada penelitian ini dikembangkan purwarupa sistem pemantauan kadar pH, suhu dan warna berbasis WSN yang dapat dipantau melalui web. Sensor pada setiap node dihubungkan ke Arduino Uno sebagai unit pemroses, data yang dibaca dari sensor dikirimkan ke node sink melalui perangkat XBee nirkabel. Pada sink digunakan PC yang berfungsi juga sebagai database server dan web server. Hasil dari pengujian dengan dua penyebaran yang berbeda didapatkan hasil bahwa pembacaan sensor dapat dibaca oleh seluruh node dan diterima oleh sink serta dapat ditampilkan melalui laman web yang telah dibangun.

 

Kata kunci : Arduino, sensor, pengolahan limbah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Astria, F., Subito, M., Nugraha, D.W. (2014). Rancang Bangun Alat Ukur pH Dan Suhu Berbasis Short Message Service (SMS) Gateway. Metrik, 1, pp 48-50.

BPPT. (2015). Sistem Pemantauan Online Untuk Pengendalian Pencemaran Kualitas Air Sungai Di DAS Ciliwung.

Mohanty, R.K., Kumar, A., Mishra, A., Panda, D.K., Patil, D.U. (2014). Water Budgeting Management: Enhancing Aquacultural Water Productivity, Odisha. India: Directorate of Water Management, Indian Council of Agricult, (Research Bulletin , no.63).

Basavaraddi, S.B., Kousar, H., Puttaiah, E.T. (2012). Dissolved oxygen concentration a remarkable indicator of ground water pollution in and around Tiptur town, Tumkur District, Karnataka, India. Bull. Env., Pharm. & Life Sci., vol. 1, iss. 3, pp. 48-54.

Wadu, R.A., Ada, Y.S., Panggalo, I.U. (2017). Rancang bangun sistem sirkulasi Air pada akuarium/bak ikan air tawar berdasarkan kekeruhan air secara otomatis. Jurnal Ilmiah Flash, 3, pp 2-3.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.