Pelatihan Membuat Sabun Mandi dari Minyak Jelantah ke Anggota PKK Tajur Halang, Parung - Kab. Bogor

Autor(s): Silvia Rachmy, Wiwi Widarsih, Tri Sutanti Budikania, Arif Rahman
DOI: 10.55075/jpm-aka.v1i1.70

Sari

Abstrak

 

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan mengenai cara pengolahan minyak jelantah menjadi sabun cuci yang dapat digunakan untuk berbagi keperluan kepada anggota PKK di Tajur Halang, Parung, Kab. Bogor. sehingga nilai ekonomi minyak jelantah ini meningkat dan diharapkan dapat menambah sumber penghasilan bagi ibu-ibu PKK. Sebanyak 19 orang ibu-ibu PKK Tajur Halang mengikuti pelatihan ini dan berhasil membuat sabun dari minyak jelantah yang dapat digunakan untuk keperluan mencuci tangan dan pakaian.

 

Kata kunci: Minyak jelantah; membuat sabun; sabun jelantah;  daur ulang; PKK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Fessenden, R. J dan Fessenden, J. (1994). Kimia Organik. Edisi Ketiga. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Harnawi, T. (2004). Studi Pembuatan Sabun Cair dengan Bahan Baku Minyak Goreng Hasil Reprosesing. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Inayah, Sufi dan Ika Novarita. (2011). Pengaruh konsentrasi NaOH dan KOH sertaKecepatan Pengadukan terhadap Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah. Laporan Penelitian Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia.Yogyakarta.

Ketaren. (1986). Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. UI Press. Jakarta.

Selfiawati E. (2003). Kajian Proses Degumming dan Netralisasi pada Pemurnian Minyak Goreng Bekas. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor

Wijana, S. (2005). Mengolah Minyak Goreng Bekas. Trubus Agrisarana. Jakarta

Wijana, S., Soemarjo, dan T. Harnawi. (2009). Studi Pembuatan Sabun Mandi Cair dari Daur Ulang Minyak Goreng. Jurnal Teknologi Pertanian. Jakarta

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.