Pengembangan IKM Minyak Atsiri Pala di CV Putra Cinta Damai Desa Ciherang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor

Autor(s): Shinta Damerys Sirait, Rosalina Rosalina, Septilina Melati Sirait, Nur Indah Riswati
DOI: 10.55075/jpm-aka.v1i1.63

Sari

Abstrak

 

Tanaman pala yang merupakan tanaman asli Indonesia telah banyak dikenal masyarakat karena kandungannya yang dapat dimanfaatkan dalam industri makanan maupun minuman. Untuk wilayah Kabupaten Bogor, tanaman pala merupakan komoditas unggulan lokal perkebunan, sehingga banyak ditemukan khususnya di Desa Ciherang, Kecamatan Caringin. Di daerah ini terdapat satu Industri Kecil Menengah (IKM) yang mengolah tanaman pala, khususnya bagian buah, menjadi minyak atsiri yang banyak digunakan sebagai salah satu obat gosok herbal. Namun demikian, sisa daging buah pala yang digunakan dalam pengolahan minyak atsiri tidak dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar dan hanya menjadi limbah padat untuk kemudian dibuang. Oleh karena itu, tim kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Politeknik AKA Bogor memberikan pelatihan bagi warga sekitar IKM untuk dapat mengolah sisa daging buah pala menjadi produk olahan baru, contohnya jelly pala, yang diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomis buah pala tersebut dan mengurangi limbah padat. Selain itu, tim PkM ini juga membantu IKM Putra Cinta Damai yang menjadi lokasi kegiatan dengan memberikan rak pengering buah pala yang berguna untuk mempercepat pengeringan buah pala yang akan diolah.

 

Kata kunci: limbah padat; pala; jelly; rak pengering


 

Kata kunci: limbah padat; pala; jelly; rak pengering

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Natan, F., Emmawati, A. & Marwati. (2019). Pengaruh formulasi bubur kolang-kaling, sari buah naga super merah dan agar-agar terhadap sifat fisiko-kimia dan sensoris selai lembaran. Journal of Tropical AgriFood, 1(1), 9-18.

Nurdjanah, N. (2007). Teknologi pengolahan pala. Bogor: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Rismunandar. (1990). Budidaya dan tata niaga pala. Jakarta: PT Penebar Swadaya.

Sipahelut, S. G. (2013). Variasi komposisi kimia minyak atsiri dari daging buah pala melalui beberapa metode pengeringan. Jurnal Agroqua, 11(1), 29-32.

Sipahelut, S., Patty, J. A., Patty, Z., Kastanja, A. Y., & Lekahena, V.N.J., 2019. The antibacterial and antifungal activity of essential oil derived from the flesh of nutmeg fruit. EurAsian Journal of BioSciences, 13(1), 93-98.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.