Pembuatan Sabun Susu Padat di Kawasan Peternakan Sapi Perah di Kelurahan Kebon Pedes, Tanah Sareal, Kota Bogor

Autor(s): Isna Nurhidayati, Eva Yuliana, Kurnia Widhi Astuti
DOI: 10.55075/jpm-aka.v1i1.51

Sari

Abstrak

 

Dewasa ini kesadaran masyarakat akan pentingnya protein hewani mulai meningkat, salah satunya adalah susu sapi. Industri peternakan sapi juga semakin menjamur dan cukup menjanjikan di tengah kondisi pandemi. Namun, daya simpan susu sapi segar yang relatif singkat menjadi permasalahan bagi para peternak. Upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan mengolah susu sapi segar menjadi produk baru dengan daya simpan yang lebih lama. Salah satu produk yang bisa diolah dari susu sapi segar adalah sabun susu padat. Sabun merupakan produk yang selalu dibutuhkan masyarakat dan mudah pembuatannya. Selain sebagai solusi terhadap daya simpan susu sapi segar, diharapkan dengan pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengolah susu sapi segar untuk dapat dijadikan bisnis rumahan dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Kebon Pedes.

 

Kata kunci: peternakan sapi; sabun padat; sabun susu padat; sapi perah; susu sapi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Bylund G. (1995). Dairy Processing Handbook, 1st ed. Lund (SE): Tetra Pal Processing Systems.

AB.Dewan Standardisasi Nasional. (1994). Standar Mutu Sabun Mandi Padat, SNI 063532-1994, Departemen Perindustrian Nasional ,Jakarta.

Nurhadi, S., C. (2012). Pembuatan Sabun Mandi Gel Alami dengan Bahan Aktif Mikroalga Chlorella pyrenoidosa Beyerinck dan Minyak atsiri Lavandulalatifolia Chaix, Laporan Tugas Akhir, Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas MaChung Malang.

Rahman, A. S. Fardian,W. P. Rahayu, Suliantari dan C.C. Nurwitiri. (1992). TeknologiFermentasi Susu. Bogor: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Sri Suharto, E. (2016). Pengaruh Pemberian VCO (Virgin Coconut Oil) Pada Pembuatan Sabun Susu Kambing Terhadap Kadar Air, pH, Total Koloni Bakteri Asam Laktat. Laporan Tugas Akhir. Fakultas Peternakana. Universitas Andalas.

Susanti, A.D., Wibowo, W.A., Saputro,S. (2018). Optimasi dan Pendampingan Proses Produksi Sabun Susu Padat di Kelompok Wanita Ternak (KWT) Margo Mulyo Dusun Dungus, Mundu, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Yogyakarta, SNIEMAS UAD 2018.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.