Analisis Efektivitas Metode Pengajaran Reading: CLT dan RGT

Autor(s): Nunung Widijantie, Rosalina - Fitrianasari
DOI: 10.55075/jpm-aka.v2i2.107

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan 2 metode pengajaran Reading dalam pelajaran Bahasa Inggris, yaitu Communicative Language Teaching (CLT) dan Reading Grammar Translation (RGT) untuk mengetahui efektivitas metode pengajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris siswa di sekolah vokasi Kimia dengan menerapkan English for Specific Purposes (ESP). Penelitian dilakukan terhadap siswa tingkat 2 yang dibagi dalam 2 kelas. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa sehingga secara keseluruhan ada 60 siswa. Sebanyak 30 siswa dalam kelas A diberikan pengajaran reading dengan menggunakan metode CLT, sedangkan 30 siswa dalam kelas B mendapatkan pengajaran reading dengan menggunakan metode RGT. Penelitian diawali dengan pemberian pre test yang dilanjutkan pemberian materi dengan menggunakan metode CLT pada kelas A dan metode RGT pada kelas B, dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil post test, diperoleh nilai varian siswa yang diperoleh dari perhitungan Uji-F menunjukkan nilai yang sama (P-value 0.354 > α 0.05). Sedangkan hasil post test pada Uji-T menunjukkan metode CLT memiliki rataan nilai sebesar 73.50 lebih besar dari nilai rataan metode RGT sebesar 68.43. Hasil perhitungan Uji-T diperoleh P-Value 0.001 < α 0.05, menunjukkan ada perbedaan nyata antara hasil kemampuan reading siswa di kelas A yang menggunakan metode CLT dan siswa di kelas B yang menggunakan metode RGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CLT lebih efektif diterapkan pada pengajaran reading ESP pada siswa sekolah vokasi kimia dibandingkan metode RGT.

Kata kunci: Metode, CLT, RGT, ESP, sekolah vokasi.

 

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.