Pelatihan Teknik Pewarnaan Motif Tie Dye Pada Ibu-Ibu Pkk Rw.09 Kelurahan Cikutra Kotamadya Bandung

Autor(s): Wulan Safrihatini Atikah, ikhwanul muslim, Sukirman Sukirman, Kurniawan Kurniawan, Maya Komalasari, Octianne Djamaluddin, Brilyan Muhammad Rhasyid Redha, Fauzi Jamaludin, Lingga Permana
DOI: 10.55075/jpm-aka.v3i2.200

Sari

Program pelatihan keterampilan PKK di kalangan RW 09 Kelurahan Cikutra diperlukan untuk menambah keterampilan bagi kelompok PKK. Pemilihan Kelurahan Cikutra dikarenakan lokasi yang dekat dengan lingkungan Politeknik STTT. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memberikan pelatihan ketermapilan berupa beberapa teknik pencelupan ikat yang akan diaplikasikan pada kaos berbahan dasar kapas. Media yang akan digunakan dalam proses pencelupan ikat ini diantaranya kawat, karet gelang, plastik, botol semprot. Pewarna yang akan digunakan adalah zat warna reaktif Remazol, dengan zat pembantu soda abu, NaCl dan sabun sebagai zat pencuciannya. Peserta sebanyak 50 orang ibu- ibu yang tergabung dalam PKK RW 09 Kelurahan Cikutra.
Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tenaga pengajar dari Politeknik STTT Bandung ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum sumbangsih Kampus Politeknik STTT Bandung terhadap masyarakat sekitar kampus dan diharapkan keterampilan yang diperoleh dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.